Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, 05 Januari 2014

6 Cara Ampuh Mengatasi Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan bukanlah suatu penyakit yang jarang kita temui. Umumnya ciri-cirinya adalah tenggorokan terasa begitu gatal, serak, dan merasakan nyeri bila minum air atau saat menelan makanan. Penyebabnya pun beraneka ragam, dimulai dari virus, alergi, batuk, bakteri, hingga merokok. 
Simak beberapa anjuran berikut tentang beberapa cara yang dapat kita lakukan sendiri untuk mengatasi sakit tenggorokan:
 gambar

1. Makan Permen Pelega Tenggorokan
Konsumsilah beberapa permen pelega tenggorokan dalam sehari. Makan permen pelega tenggorokan bakal merangsang produksi air liur yang bisa melindungi tenggorokan kita agar tetap lembab. Permen pelega tenggorokan sangat berbeda dengan permen-permen yang umum didapati di warung-warung, Namum permen pelega tenggorokan ini mempunyai beberapa bahan anti bakteri dan yang lebih utama bisa kurangi rasa nyeri pada tenggorokan. 

2. Berkumur Dengan Air Garam Hangat
Beberapa riset sudah menemukan bahwasanya berkumur beberapa kali dalam sehari dengan menggunakan air garam hangat bisa kurangi pembengkakan pada tenggorokan, menyingkirkan lendir, serta mengurangi iritasi dan bakteri. Dokter biasanya mereferensikan untuk melarutkan setengah sendok teh garam pada secangkir air hangat.

3. Meminum Teh Hangat
Jenuh minum air putih? Secangkir teh herbal hangat bisa menawarkan efek yang menenangkan kala ditengah sakit tenggorokan. Teh non-herbal, apakah di buat dari daun warna hitam, hijau, maupun putih bisa juga mencegah infeksi serta memperkuat ketahanan tubuh lantaran memiliki kandungan antioksidan. Bisa juga dengan memberi tambahan satu sendok teh madu pada secangkir teh, dikarenakan madu mempunyai sifat antibakteri yang bisa mempercepat proses peyembuhan.

4. Minum Obat Batuk Sirup
Obat batuk sirup yang biasa kita konsumsi saat tengah batuk nyatanya juga dapat diterapkan kala sakit tenggorokan. Obat batuk sirup bisa kurangi rasa nyeri pada tenggorokan untuk sementara waktu, tetapi hal demikian cukup efisien untuk mengusir ketidaknyamanan pada tenggorokan. Dosisnya juga bisa kita samakan pada waktu kita tengah batuk. Bila sedang dalam keadaan bekerja, pastikan obat batuk sirup yang tidak mengakibatkan rasa kantuk.

5. Makan Sup Ayam
Tak hanya dapat membantu kesembuhan pilek, sup ayam dapat juga mampu kurangi sakit di tenggorokan, natrium dari Kaldu sup ayam mempunyai sifat anti-inflamasi yang bisa membantu proses peyembuhan radang tenggorokan. Karena rasa nyeri yang menimpa kala menelan makanan, sup ayam adalah makanan yang pas untuk di konsumsi lantaran sifatnya yang cair, yang bisa membantu untuk menelan makanan dengan gampang. Selain itu, sup ayam kaya akan kandungan nutrisi yang bisa melawan penyakit.

6. Perbanyak Konsumsi Cairan
Perbanyaklah minum air putih atau cairan yang lain supaya badan terus terhidrasi. Tetap terhidrasi amatlah penting terlebih pada waktu tengah sakit tenggorokan. Badan harus cukup cairan supaya urin tetap dalam keadaan baik. Hal semacam ini melindungi selaput lendir tetap lembab, serta bisa memerangi bakteri maupun iritasi seperti alergen, serta membuat badan lebih dapat melawan gejala Flu. Tidak hanya air putih, bila ingin suatu hal yang manis, cobalah juice buah yang encer.

Itu adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meredakan sakit tenggorokan. Namun, bila sakit tenggorokan dirasa telah parah serta tak kunjung sembuh, segeralah konsultasi ke dokter supaya memperoleh penanganan yang lebih serius.

0 komentar:

Posting Komentar

ShareThis