Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, 14 Juli 2013

Menu Sahur Sehat Ala Liza Natalia

Liputan6.com, Jakarta:Umumnya, banyak yang suka 'balas dendam' ketika berbuka puasa. Begitu pula saat sahur. Segala jenis makanan dilahap, yang penting perut terisi. Duh! Jangan sampai salah pilih makanan ketika sahur. Sebab, menu sahur yang kurang sehat selain membuat mengantuk juga bisa menaikkan kadar kolesterol. Jangan khawatir, anda dapat mencoba 4 menu sahur sehat dari Liza Natalia:


1. Utamakan Air
"Coba mengutamakan air, vitamin, dan elektrolit. Artinya, minum air putih dan buah-buahan, atau jus buah tanpa gula. Atau air kelapa juga boleh. Caranya minum air kelapa dulu, dan karena sifat elektrolit di air kelapa, maka kita akan masih merasa haus baru dilanjutkan dengan minum air putih. Ketika tidur, tubuh kita kehilangan berat 1-2 kg, dan itu adalah air."

2. Manfaatkan Lemak
"Aku selalu memilih lemak sehat atau minyak yang tidak digoreng, seperti zaitun, minyak kelapa atau flaxseed oil. Misalnya dalam bentuk sambal. Lemak membuat pergerakan makanan di perut menjadi lambat, sehingga lebih tahan lapar. Akan tetapi kalau diasup minyak gorengan, baik dari makanan siap saji yang dibeli semalam sebelumnya, atau menggoreng langsung, maka kita memasukkan radikal bebas ke dalam tubuh kita. Akibatnya manfaat puasa secara fisiologis berkurang."

3. Konsumsi Karbohidrat Kompleks
"Selanjutnya nih, pilih deh menu utama yang terdiri dari karbohidrat kompleks contohnya seperti nasi merah, ubi, atau bubur kacang hijau dengan gula aren. Jenis karbohidrat ini lebih tahan lama dalam membuat gula darah stabil, sehingga pengonsumsinya jarang bete."

4. Serat
"Jangan lupakan serat dong, mau sayur atau buah sama saja. Selain membersihkan usus, serat juga merupakan sapu alami yang membantu membersihkan sisa daging di sela- usus."


Contoh menu sehat untuk sahur :

> Nasi merah dengan soto ayam, sambal dengan minyak zaitun dan buah pisang.

> Bubur kacang hijau dengan gula aren, telur setengah matang dengan 3 putih telur dan 1 kuning telur, dan buah jeruk.

> Sandwich, roti gandum dengan selai kacang, telur setengah matang dengan 3 putih telur dan 1 kuning telur, dan buah pepaya.

0 komentar:

Posting Komentar

ShareThis