Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kamis, 23 Februari 2012

Benarkah Petai Bantu Orang Berhenti Merokok Hingga Cegah Stroke?



Jakarta, Petai memang memiliki khasiat meski kalau dimakan kebanyakan bisa bikin orang asam urat. Tapi muncul kabar petai bisa membantu orang berhenti merokok hingga mencegah stroke. Benarkah petai bisa bantu orang berhenti merokok dan cegah stroke?

Tanaman petai (peteh) sangat populer di kawasan negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand dan Laos. Buah yang dikenal dengan nama ilmiah Parkia speciosa (petai) memiliki bahan kimia biologis yang bermanfaat bagi manusia lebih dari yang diharapkan selama ini.

Konon katanya petai memiliki kandungan serat, sukrosa, fruktosa, glukosa, tryptophan, protein yang diubah menjadi serotonin. Serotonin merupakan zat yang membuat rileks seseorang dan vitamin B6.

Vitamin B6 inilah yang katanya bisa membantu orang berhenti merokok. Namun hingga kini ternyata belum ada yang membuktikan kaitan vitamin B6 dalam petai dengan berhenti merokok. Klaim bahwa Vitamin B6 dan B12 yang dikandungnya, bersama dengan kalium dan magnesium membantu tubuh untuk lebih cepat sembuh dari efek penghentian nikotin belum bisa dibuktikan secara medis.

Meskipun belum ditemukan penelitian secara sahih, beberapa orang menemukan khasiat makan petai. Khasiat itu antara lain:
1. Mengurangi depresi
2. Memperlancar haid
3. Mengatasi anemia
4. Mengurangi tekanan darah tinggi
5. Mengatasi sembelit
6. Mengontrol kadar gula darah
Tapi untuk membuktikannya memang perlu dilakukan penelitian lebih lanjut, karena yang banyak diketahui orang petai justru bisa bikin orang terkena asam urat.

Kandungan yang benar dari petai seperti dikutip adalah cystine.
Cystine merupakan asam amino yang mengandung sulfur yang membantu pembentukan kulit, rambut, tulang dan jaringan ikat yang sehat. Cystine juga dibutuhkan untuk membuat glutathione, salah satu antioksidan alami yang melawan kerusakan akibat radikal bebas.

WAC menyebut petai sebagai tanaman yang kuat bau dan rasanya. Biji petai juga bersifat hipoglikemik yang mampu menurunkan kadar gula darah. Kandungan minyak cystine justru banyak digunakan untuk pengobatan luar seperti luka dan bisul. Selain itu, biji petai juga dapat menjadi obat edema, kolera, antelmintik (obat cacing).

0 komentar:

Posting Komentar

ShareThis