Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, 22 April 2012

6 cara Mengusir Si "Mata Panda"


Bagi kaum hawa penampilan adalah segalanya, terutama pada tatanan rias wajah. Pada mata salah satunya, mata sembab atau biasa disebut dengan mata panda membuat penampilan wanita kurang menarik.
Hal tersebut bisa terjadi karena banyak hal, salah satunya karena begadang, atau bahkan karena habis menangis semalaman.
Tentu saja mata yang sembab tidak bisa berbohong. Mata bengkak menjelaskan segalanya, meski pagi harinya sudah harus beraktifitas. Lalu, dengan waktu yang sangat minim, bagaimanakah cara untuk menyamarkannya?
1. Teh Celup
Teh merupakan dedaunan yang sangat berkhasiat. Kandungan kafein pada teh hitam serta teh hijau sangat terbukti dapat membantu mengurangi pembengkakan.
Ambil dua kantung dari teh celup, kemudian celupkan beberapa saat pada air hangat, lalu kompreskan pada kelopak mata sekitar 5 hingga 10 menit.
2. Es Batu
Es batu merupakan cara yang paling sering digunakan untuk mengatasi masalah bengkak pada mata, yaitu dengan cara mengompres kedua mata. Namun, untuk hasil lebih maksimal, awali dengan membilas wajah dengan air dingin saat hendak mandi.
Apabila tidak ada es batu, maka cukup masukkan sendok ke dalam kulkas, setelah dingin kompreskan sendok pada sekitar mata yang membengkak.
3. Kentang
Untuk permasalahan mata sembab, kupas kentang segar yang telah dicuci, kemudian parut halus. Bungkus parutan kentang pada kain dan kompreskan pada kedua mata selama kurang lebih 10 menit.
Kentang juga dipercaya oleh orang Eropa dapat menghilangkan pegal - pegal, sakit kepala, serta beberapa iritasi.
4. Timun
Timun bukan saja baik untuk dikonsumsi sebagai sayur, namun juga baik untuk menyamarkan mata yang sembab. Kandungan astrigent di dalamnya membantu menyegarkan mata yang bengkak.
Dinginkan irisan timun di dalam kulkas lalu kompreskan pada kelopak mata, maka mata akan terlihat lebih segar dari sebelumnya.
5. Garam 
Berbeda dengan mengonsumsi garam secara berlebihan yang bisa menyebabkan pembengkakan tubuh lebih parah. Untuk menyembuhkan mata sembab, garam ternyata bermanfaat.
Bubuhkan setengah sendok teh garam ke dalam air hangat. Kemudian celupkan kapas pada cairan tersebut dan kompreskan pada mata.
6. Air Putih
Banyaknya mengkonsumsi air putih tidak akan secara instan dapat menghilangkan mata yang sembab, namun setidaknya dapat mempercepat proses pemulihan mata bengkak. Sepanjang hari perbanyaklah mengkonsumsi air putih dan mengurangi konsumsi kopi, soda, serta minuman manis.
Apabila beberapa cara di atas kurang efektif untuk menghilangkan sembab pada mata, maka ada baiknya jika Anda beralih pada produk yang memang diciptakan khusus untuk mengatasi mata sembab.
Cobalah dengan membersihkan muka secara rutin, usapkan dan pijat halus, mulai dari bagian sudut mata dekat dengan hidung ke arah tulang pipi bagian atas. Sebaiknya dilakukan juga setelah mandi dan sebelum tidur untuk hasil yang maksimal.

0 komentar:

Posting Komentar

ShareThis